Bagian-bagian Jantung dan Fungsinya Masing-masing

Bagian-bagian Jantung dan Fungsinya Masing-masing - Organ jantung adalah organ yang memiliki otot (muskular), yang mana organ tersebut memiliki kegunaan sebagai organ yang berperan penting untuk memompa darah dengan memakai bantuan pembuluh darah dalam mensirkulasi darah di dalam tubuh manusia. Bentuk dari organ jantung sendiri bagaikan buah pir yang dibalik, memiliki ukuran yang sepadan dengan kepalan tangan orang dewasa. Organ jantung begitu vital fungsinya, dikarenakan organ jantung berguna untuk menjaga aliran darah di tubuh senantiasa mengalir dan mengangkut oksigen beserta sari-sari makanan kedalam setiap sel tubuh.


Tak perlu kemana-mana lagi, disinilah tempat Anda dalam mengetahui Organ jantung manusia dan keterangannya.
Bagian-bagian Jantung dan Fungsinya Masing-masing

Bagian-bagian Jantung dan Fungsinya Masing-masing

Organ jantung terdiri dari beberapa bagian. Inilah beberapa Bagian-bagian Jantung dan Fungsinya Masing-masing.

1- Aorta

Aorta adalah arteri yang paling besar didalam tubuh manusia, berletak dibagian atas organ jantung. Aorta memiliki fungsi yang berguna untuk mengangkut darah yang memiliki kandungan oksigen dari ventrikel bagian kiri ke setiap bagian di dalam tubuh manusia.

2- Vena Kava Superior

Vena kava superior (vena cava) adalah vena besar didalam tubuh manusia. Terletak pula dibagian atas organ jantung. Fungsi vena kava superior adalah untuk mengangkut kembali darah yang kaya akan karbon dioxide dari setiap bagian tubuh yang berada di bagian atas, untuk menuju ke organ jantung.

3- Arteri Pulmonalis

Arteri pulmonalis adalah arteri yang membawa darah dari organ jantung ke paru-paru. Fungsi dari arteri pulmonalis ini adalah untuk menggantikan karbon dioxide & uap air yang berada didalam aliran darah beserta oxygen nya.

4- Katup Aorta

Katup aorta yaitu, sebuah katup yang membagi ventrikel kiri dengan aorta. Perubahan blood pressure (tekanan darah) yang terjadi di kedua sisi katup membuat katup bisa tertutup juga terbuka dengan baik. Fungsi katup aorta yaitu, sebagai pencegah darah mengalir ke haluan yang tidak tepat.

5- Atrium

Atrium ini kita kenali dengan nama serambi. Ada 2 serambi pada organ jantung, Serambi kanan dan kiri. Yang sebelah kiri memiliki kegunaan; Menerima darah dari organ paru-paru yang memiliki oxygen yang kaya, lantas mengangkutnya ke ventrikel sebelah kiri. Dan atrium kanan berguna untuk menerima darah dari seluruh tubuh yang kaya akan karbon dioxyde, lalu mengangkutnya ke ventrikel kanan.

Dari nomor 6 hingga 12, kami akan menuntaskan penjelasan mengenai Bagian-bagian Jantung dan Fungsinya Masing-masing. Simak terus hingga usai. Supaya Anda benar-benar memahaminya.

6- Vena Pulmonalis

Vena pulmonalis adalah vena yang membawa darah yang kaya akan oxygen dari paru-paru ke organ jantung, yaitu pada atrium jantung di bagian kiri. Ukuran Vena pulmonalis ini lebih mini daripada Vena cava, dan terdiri dari vena pulmonalis kiri dan kanan. Kegunaan dari Vena Pulmonalis ini adalah sebagai pengangkut darah yang kaya akan oxygen untuk dikembalikan ke organ jantung yang kemudian diedarkan ke setiap bagian tubuh.

7- Katup trikuspidalis

Katup trikuspidalis (trikuspid) yaitu, katup yang terbangun dari 3 daun katup. Katup tersebut bisa terbuka apabila sistole menutup lagi, dan bisa berkontraksi. Kegunaan dari katup trikuspidalis ini sebagai pemisah antara ventrikel kanan dan atrium kiri, juga untuk menyalurkan darah yang miskin akan oxygen dari atrium sebelah kanan ke ventrikel yang ada di kanan organ jantung.

8- Katup Mitral

Bicuspid (katup mitral) yaitu katup yang menyekat ventrikel di bagian kiri dan atrium kiri. Katup mitral tersebut bisa terbuka ketika darah yang kaya akan oxygen di atrium kiri hendak mengalir ke ventrikel kiri. Kegunaan dari katup mitral ini adalah sebagai pencegah darah yang sudah ada di ventrikel kiri agar tak balik lagi ke atrium sebelah kiri.

9- Ventrikel

Ventrikel lebih dikenali dengan bilik jantung, terdapat 2 bilik, yakni bilik kiri (ventrikel kiri) dan bilik kanan (ventrikel kanan). Fungsinya adalah sebagai reseptor (penerima) darah dari atrium, lantas mengangkutnya keluar dari organ jantung. Kegunaan dari ventrikel kiri adalah untuk penerima darah darah dari atrium kiri dan mengankutnya kesetiap bagian tubuh manusia. Fungsi dari ventrikel kanan ini adalah untuk menadah darah dari atrium kanan, yang lantas mengangkutnya ke organ paru-paru.

10- Vena Cava Inferior

Vena cava inferior ini adalah vena yang paling besar didalam badan yang dimiliki oleh manusia. Kegunaan dari Vena cava inferior ini adalah untuk mengangkut darah dari bagian tubuh yang bawah ke atrium sebelah kanan jantung.

Selain itu, kami akan memaparkan untuk Anda mengenai Bagian bagian jantung beserta fungsinya yang lain:

11- Katup Atrioventrikular

Katup atrioventrikular yaitu katup yang letak nya ada diantara ventrikel dan atrium. Kegunaan dari katup atrioventrikular ini adalah sebagai pengalir darah dari atrium ke ventrikel.

12- Dinding Jantung

Dinding jantung ini adalah bagian yang paling luar untuk melapisi jantung. Dinding jantung memiliki 3 lapisan, yaitu endokardium, miokardium, lantas.. epikardium. Endokardium sendiri memiliki epitel pipih 1 lapis. Lantas miokardium terdiri dari otot jantung (kardiak). Epikardium yaitu membran fibrosa. Kegunaan dinding jantung yaitu, mencegah jantung agar tak bocor, dan juga membuat jantung senantiasa berdetak.

Itulah 12 Bagian-bagian Jantung dan Fungsinya Masing-masing, Semoga bisa menjadi referensi yang terbaik, dan menambah khazanah pengetahuan Anda. Simak terus Blog Obat Jantung Lemah Herbal Terbaik.
Terimakasih..
Wassalamu 'alaikum wa rohmatullohi wa barokaatuh.

Bagian-bagian Jantung dan Fungsinya Masing-masing

0 Response to "Bagian-bagian Jantung dan Fungsinya Masing-masing"

Posting Komentar